,
Headlines News :
Home » , , » Mensinergikan Pelaku Usaha Kecil Dengan Sosial Media

Mensinergikan Pelaku Usaha Kecil Dengan Sosial Media

Written By Nanda Journey on Minggu, 11 November 2012 | 21.29

http://sarahtidaksendiri.files.wordpress.com/2012/03/sosial-media.jpg?w=490Perlunya Sebuah Sinergi Pelaku Usaha Kecil Dengan Sosial Media adalah hal yang penting, Karena sangat besar dampaknya terhadap Penjualan  mereka. Banyak Pelaku Usaha kecil indonesia yang  belum banyak memanfaatkan Sosial Media secara maksimal.

Banyak Pelaku usaha kecil Yang merasa kesulitan dalam sektor pemasaran dan penjualan produknya selama ini. Ya itu tidak bisa dipungkiri , karena usaha mereka sendiri tidak memiliki kukuatan dana yang besar untuk sekedar promosi . Mungkin dari beberapa segi sektor promosi , mereka akan kalah saing dengan Usaha-usaha besar yang tentunya memiliki dana besar untuk memasarkan Produk mereka

Tapi bagi anda Pelaku Usaha Kecil , Jangan langsung nyerah begitu saja karena masih ada harapan untuk bisa memajukan usaha anda .
Lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan sebuah harapan itu ? Jawabannya cukup mudah yaitu "Media Sosial"

Apa itu Sosial Media ?


           Sosial media adalah sebuah wadah bersosialisasi secara online dan kita dapat saling melakukan interaksi sosial didalam nya, Tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat
http://suryaden.com/sites/default/files/u1/Social-Media-Landscape-2001-Fred-Cavazza.jpgSosial media terbagi atas beberpa pengelompokan yaitu :
1. Social Networks, media sosial untuk bersosialisasi dan berinteraksi ( Facebook, myspace, hi5, Linked in, bebo, dll)
2. Discuss, media sosial Yang bertujuan untuk menkaji sesuatu atau membahas permasalahan dengan media forum (google talk, yahoo! M, skype, phorum, dll)
3. Share, Disini kita dapat berbagi informasi berupa  file, video, music, dll (youtube, slideshare, feedback, flickr, crowdstorm, dll)
4. Publish, (wordpredss, wikipedia, blog, wikia, digg, dll)
5. Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama (koongregate, doof, pogo, cafe.com, dll)
6. MMO (kartrider, warcraft, neopets, conan, dll)
7. Virtual worlds (habbo, imvu, starday, dll)
8. Livecast (y! Live, blog tv, justin tv, listream tv, livecastr, dll)
9. Livestream (socializr, froendsfreed, socialthings!, dll)
10. Micro blog (twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes, tweetpeek, dll)
Sebenarnya kalau anda-anda melihat sosial dari peluang usaha nya maka anda akan melihat sebuah kejutan besar didalam nya , Kata Sukses pun seakan sudah terlihat hanya dengan memikirkan keefektipan media sosial ini bagi anda Sang Calon Pengusaha sukses dengan melalui Media sosial

Saya harap pembahasan saya dibawah ini yang bertema The Power of Social Media dapat menjadi sebuah pintu Gerbang kesuksesan anda


Dua Peran Penting Media Sosial Bagi Usaha Kecil


http://bisnisukm.com/wp-content/uploads/2012/03/sosial-media-200x118.jpg 



Sebenarnya dalam dunia usaha , Sosial Media memiliki 2 peran penting bagi kelangsungan usaha anda . Yaitu Media Sosial sebagai Tempat Promosi dan Media Sosila sebagai Media pemasaran .
Oke mari kita bahas 2 Peran penting media sosial ini satu persatu

*Media Sosial Sebagai Tempat Promosi

Mendengar kata promosi terkadang membuat para pelaku usaha kecil sedikit merinding karena biasanya membutuhkan banyak biaya dalam melakukan promosi tersebut. Namun melalui Media sosial Anda akan bisa melakukan Media promosi jauh lebih murah bahkan bisa Gratis asalkan anda tahu bagaimana caranya.

Saya akan memberikan contoh sebuah promosi dalam media sosial .
1.Facebook :contoh pertama akan saya lakukan melalui media sosial Facebook . Facebook Adalah Media sosial Terbesar di dunia ,anda bisa berpromosi ria dengan bebas disana . Anda akan Terhubung dengan 800 juta kostumer potensial bagi anda dan bayangkan yang bisa didapat dengan kostumer sebanyak itu
cara promosi disini cukup mudah yaitu :
  • Share melalui Profil Facebook anda: Anda dapat share melalui akun facebook tentang segala usaha anda . buatlah kata kata yang dapat mengarahkan keusaha anda
     
  • Promosi melalu Fan Page : Fan Page Yang dahulunya diciptakan hanya untuk penghubung Fans dengan bintang punjaannya , Sekarang telah beralih fungsin menjadi lahan Bisnis yang dapat merubah usaha kecil anda . Anda dapat membuat Fanpage difacebook dengan gratis nama fanpage anda bisa berupa nama usaha anda . dan didalam nya anda bisa memposting segala jenis produk anda , anda juga dapat membuat info info update terbaru produk usaha anda disana
  • Iklan facebook (facebook ads )
    kalau anda mau mengeluarkan sedikit uang maka anda akan bisa menggunakan  iklan facebook . iklan facebook tergolong murah karena biaya dapat disesuaikan dengan dompet keuangan anda bahkan hanya dengan Rp 30.000 iklan anda akan muncul di bagain kanan faceboo.

2.  Twitter
     Anda bisa memberikan informasi produk anda disana melalu Tweet nya

Gimana hebatkan Kekuatan promosi melalui Sosial Media ! dan pastinya gak akan nguras dompet anda seperti Iklan TV kan
tapi sebenarnya itu hanya sedikit contoh Promosi melalu media sosial dan sebenarnya masik banyak lagi cara cara promosi dengan melalui Media Sosial lain nya

oke nanti akan saya bahas juga bagaimana mengelolah Promosi melalui Media Sosial yang sangat efektif namun sebelum itu dan agar anda gak terlalu lelah membahas tentang Media Sosial sebagai tempat promosi. saya akan loncat dahulu ke Peran ke 2 Media Sosial bagi Pengusaha kecil
yaitu Media Sosial sebagai Media pemasaran

*Media Sosial sebagai Media pemasaran

Saya tadi telah memberi pengetahuan sedikit tentang Media Sosial Sebagai Media promosi berarti dalam hal tersebut Media Sosial adalah sebagai Pembagi informasi tentang  Usaha anda tapi Pembicaran kedua kita ini tentang Media Sosial sebagai Media pemasaran maka Pihak Media Sosial sangat berperan aktif langsung dalam penjualan produk anda , karena ibaratkan dunia nyata Media sosial di sisi pemasaran adalah sebuat Toko Yang didalam nya berisikan produk produk anda yang ingin dipasarkan atau dijual

Saya akan memberitahu anda tentang Bagaimana mebuat Sebuah Media Sosial Menjadi Media Pemasaran Usaha Anda . ya media yang akan saya berirtahukan ini tidak akan jauh beda dengan Media Sosial Untuk Promosi , Perbedaan nya hanya cara menggunakannya saja
oke lanjut saja ya :
1 Melalui Facebook:
  • Profil Facebook
    Jadi kita dapat memasarkan produk anda langsung dengan media sosial ini dengan cara memasukkan gambar gambar produk anda dan langsung juga memberikan daftar harga nya melalui gambar tersebut dan tunggu pembeli menghubungi anda . Keuntungan Memasarkan usaha anda melalu Profil facebook ini adalah anda bisa langsung berinteraksi secara cepat dengan Pelanggan anda  , melalui Fitur Chatting Facebook dan menjadikan member lebih suka mencari cari apa yang mereka inginkan.
  • Fanpage Facebook
    Dalam Hal ini cara Pemasaranya sama dengan melalui Profil Facebook tadi yaitu berupa gambar gambar produk yang dimasukan ke Fanpage dan dapat langsung dipesan di Fanpage tersebut. tapi disini kita lebih mendapatkan kelebihan dalam banyak nya pelanggan karena di Pemasaran melalu Profil facebook Pelanggan nya adalah yang berteman ke Facebook anda saja dan kita tahu Pertemanan Facebook ada batas nya yaitu dalam satu akun hanya boleh  berteman sebanyak 5000 teman dan berarti pelanggan maksimal kita hanya 5000 pelangan saja
    sementara di fanpage kita dapat memiliki pelanggan sebanyak banyaknya . tidak ada batasan disini
  • Group Facebook
    Hampir sama dengan Fanpage beda nya pelanggan anda akan mendaptkan sebuah pemberitahuan ketika anda meberikan info produk anda

    2.BLOG
  • Blog
    Nah ini dia salah satu yang saya suka , karena saya  juga pemakai blog . Kalu tidak tahu blog maka yang sedang anda liat ini adalah blog. blog itu ya seperti website tapi beda nya hanya cara menampilkan nya saja . Oke saya gak mau bahas Apa bedanya blog dan website kali ini karena takut melenceng dengan tema kita pula nanti. Jadi diblog seperti kaya punya saya ini Hy-hack.blogspot.com kita dapat memasarkan produk anda tampa ada batasan waktu , tempat ataupun media sosial yang dipakai . kalau tadi kita menggunakan media sosial facebook untuk memasarkannya maka twitter dan media sosial lain nya tidak akan dapat melihat barang anda sementara kalau blog semua media dapat kita hubungkan untuk melihat barang barang yang telah kita posting
Ini dulu ya pembahasan saya tentang Media sosial sebagai media pemasaran , ya mungkin kelak akan saya bahas secara lengkap di artikel berikutnya karena untuk artikel ini saya masih punya janji ke anda sang Calon Pengusaha yang sukses yaitu tentang mengelola Promosi melalui media sosial yang efektif dan dan mengahasilkan yang maksimal
Tapi ingat saya buat berdasarkan pengalaman pengusaha pengusaha yang sukses Melalui media Sosial dan mungkin kalau anda membeli buku yang isi nya mungkin tidak jauh beda dengan artikel saya ini harga nya bisa wahh dan sedikit nguras dompet anda sedangkan saya memberikan nya dengan gratis jadi tolong dibaca dengan baik baik dan di telaah dengan bijak
karena bukan tidak mungkin kelak artikel ini tidak akan bisa di buka langsung atau dengan kata lain artikel ini akan premium artikel jadi anda harus mebayar dahulu baru bisa baca atau artikel benar benar saya hapus dan digantikan dengan sebuah buku dan anda harus membelinya baru bisa baca tentang ini , itu semua dimungkinkan kalau blog ini sedang dalam keadaan defisit keuangan .
oke kita lanjut kepokok lagi ya

Bagaimana Mengelola Promosi Di Media sosial Agar lebih efektif

                                      http://www.paseban.com/image/public/article/e478693d10c9b5dbae4089f62e62314e9a20f8af1a0ffdd56dd7e1a10eef06e8.jpg
Dalam Mengelola Promosi dimedia sosial terdapat 2 langkah yang harus anda lakukan agar bisa menjadi lebih efektif yaitu
  1. Mengubah Cara komunikasi bisnis anda
  2. Penyususan jadwal dalam berpromosi

Mengubah Cara komunikasi bisnis anda

 
Sebenarnya saya juga lagi giat giatnya mebuka usaha dan juga khusus melalui Sosial media walaupun masih belum rampung .Oleh karena itu dalam mencoba usaha kecil saya ini , saya banyak membeli buku untuk mejadi sukses dengan Media sosial , Buku inipun gak tanggung tanggung mahal nya,
hal hasil saya sedikit ngambil dana dari uang kuliah semester depan . Dan setelah saya mebeli buku ini saya gak menyesal mengambil sedikit uang yang sebenarnya untuk uang kuliah tersebut , karena  setelah saya baca , saya rasa apa yang diajarkan nya(buku) akan menghasilkan uang yang lebih banyak dari pada uang yang saya ambil dari uang kuliah tersebut. Dan yang jual buku tersebut perna bilang kepada saya . katanya , saya beruntung bisa dapat buku ini dan di ingat kan nya lagi jangan dikasih orang, karena sayang rasanya.
tapi menurut saya sebuah ilmu tidak akan berkembang kalau hanya saya yang tau makanya saya akan share ke anda secara gratis

Mengubah cara berkomunikasi Bisnis anda ?
ya ini lahh salah satu judul di beberapa buku saya tersebut. judul tersebut sebenarnya memiliki banyak makna khusus yaitu bagaimana cara kita memberdayakan bisnis kita.
lalu bagaimana caranya ?
nah ini dia cara nya :

  • Comunication 2.0
    cominucation 2.0 adalah sebuah judul besar yang terdapat di buku yang saya beli ,Buku tersebut bernama "The Zuckerberg Revolution " jadi dengan trik Comunication 2.0 ini dituliskan 7 trik  Berkomunikasi bisnis  dan trik ini juga yang dipakai Zuckerberg (pendiri Facebook) namun saya akan merangkup saja yaitu iklan jangan terlalu detail . kita harus membuat sederhana mungkin tetapi menarik untuk dilihat dan jadi detai sebnarnya ajan terlihat apabila ikaln tela dibuka dan mengarah ke link pemasaran kita
  • Berbasis Kepercayaan
    ini juga cara merubah komunikasih bisnis anda agar lebih efektif apabila melalui Media Sosial
    Karena Unsur Kepercayaan adalah hal pokok dalam berbisnis melalui media sosial , hal itu disebabkan pemasaran kita bisa berjalan dari mulut kemulut jadi ibarat rantai promosi jadi kita hanya mempromosikan sekali tapi , yang sekali melihat ini suka dengan broduk  anda, Karena dia berfikir bahwa anda dapat dipercaya maka dia akan memberitahu temannya agar membeli produk kita dan temannya juga akan memberitahu teman teman lain nya dan seterusnya . Kepercayaan yang anda berikan dapat menjadi rantai bisnis buat anda , dan akan mendatangkan gelombang keuntungan yang bertubi-tubi bagi anda
  • From Jungle to Farm
    Didalam sosial media , pelanggan sangat mudah untuk bertanya dan maka dari itu anda jangan kaget kalau akun sosial media anda setiap harinya akan dipenuhi pertanyaan - pertanyaan dari pelanggan jadi maksud dari From Jungle to Farm adalah anda harus membuat bagian Costumer Service di bisnis anda , karena bagian iini yang akan selalu menjawab semua pertanyaan dari pelanggan
  • Mendengarkan
    Tidak bisa dipungkiri semangkin lama kita bergelut di dunia bisnis melalui Media Sosial maka akansemangkin  banyak pengalaman nya, maka anda jangan malu untu mendengar dari yang telah berpengalaman
Penyususan jadwal dalam berpromosi

Ya walaupun membuat akun Sosial media adalah hal yang sangat mudah dan anak SD pun bisa tetapi masih banyak Pelaku Usaha yang tidak sukses dalam menjalankan usaha nya . Mengapa itu bisa terjadi . hal ini terjadi karena kurang nya komitmen pelaku usaha untuk membagikan informasi
ke Sosial Media. Mereka Beranggapan Karena Sosial Media itu gratis jadi tidak ada sebuah tanggapan serius dalam menjalankan nya
maka dari itu agar sukses di Sosial media maka pelaku usah kecil harus melakukan penyusunan jadwal dalam berpromosi

 Contoh nya jadwal harian 200x132 Menyusun Jadwal Harian Berpromosi di Sosial Mediaseprti ini:

Senin, mulai merencanakan dan menyusun informasi penting yang akan Anda postingkan di akun pribadi maupun fanpage yang dimiliki perusahaan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mempersiapkan tiga informasi menarik yang akan dipublish selama satu minggu kedepan. Misalnya saja seperti mengatur jadwal posting rutin di hari Senin, Rabu, dan Jumat, serta menentukan topik bahasan yang akan Anda angkat pada pekan ini.
Selasa, setelah memposting satu informasi menarik yang berhubungan dengan produk maupun bisnis jasa yang sedang Anda jalankan saat ini. Selanjutnya di hari Selasa Anda bisa membalas coment, retweet, message, atau respon lainnya dari para konsumen. Hal ini cukuplah penting, agar loyalitas konsumen mulai terjaga sehingga mereka semakin tertarik untuk berinteraksi dengan Anda dan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk terbaru yang Anda tawarkan saat ini.
Rabu, memberikan promo menarik untuk memancing respon konsumen. Misalnya saja memberikan diskon khusus bagi para konsumen yang memesan produk di hari Rabu, memberikan gratis ongkos kirim bagi konsumen yang membeli produk di hari tersebut, atau menginformasikan kegiatan promosi yang akan Anda selenggarakan pada pekan ini. Dengan menginformasikan kegiatan promosi yang Anda jalankan, maka konsumen tidak segan-segan untuk segera memesan produk melalui akun Anda atau datang langsung ke tempat promosi yang ditentukan.
Kamis, memberikan respon balasan atas komentar-komentar yang disampaikan para konsumen. Dalam hal ini, tentunya Anda harus aktif memeriksa akun-akun yang dimiliki dan segera memenuhi kebutuhan yang dicari para konsumen. Dari respon balasan yang Anda berikan, tidak menutup kemungkinan bila salah satunya bisa tertarik untuk membeli produk-produk unggulan yang ditawarkan.
Jumat, Anda bisa memanfaatkan hari jumat untuk berbagi tips-tips ringan seputar bisnis yang Anda jalankan. Misalnya saja Anda sedang menekuni bisnis kuliner, maka tidak ada salahnya bila setiap hari jumat Anda berbagi informasi mengenai resep-resep masakan yang bisa dicoba para konsumen dari dapur mereka.
Sabtu dan Minggu, pada saat weekend Anda bisa memanfaatkannya untuk berjalan-jalan ke situs online milik tetangga. Melalui strategi blog walking,Anda bisa mempromosikan link situs Anda kepada khalayak ramai dan bertukar informasi dengan pelaku bisnis online lainnya.
Dengan membuat jadwal harian, Anda bisa mempromosikan bisnis online secara rutin dan menjaga konsistensi Anda dalam mengembangkan bisnis tersebut. Selain itu, konsumen juga tidak cepat bosan dengan penawaran-penawaran yang Anda postingkan, sehingga konsumen mulai berdatangan, dan bisnis Anda bisa menghasilkan omset yang cukup besar.

Dari artikel saya diatas maka seharusnya anda pelaku Usaha kecil jangan lagi kawatir dengan usaha anda . Anda harus yakin dan jelih dalam mencari celah dimana usaha anda bisa maju ,  dan pastinya melalui Media Sosial
Marih bersama sama kita bangkit dari usaha kecil untuk memajukan ekonomi Indonesia 

Oya nih ada tips dari saya pribadi kalau anda mau benar benar mau usaha kecil anda bangkit , yaitu belajar di

Prasetiya Mulya Business School

Prasetiya mulya business school adalah sekolah bisnis terbaik di indonesia, mungkin kalau saya tuliskan apa-apa saja kelebihan sekolah tinggi ini bisa-bisa satau jam gak kelar hanya unutk membaca artikel ini jadi untuk mempersingkat waktu silahkan kunjungi website nya langsung disini

Cukup sampai disini dulu ya .  kelak akan saya bahas lagi  yang bertema serupa seperti tema artikel ini di hari hari berikutnya dalam artikel baru saya
Mudah mudahan artikel saya bermanfaat

Terimakasih , Salam Sukses untuk Pelaku Usaha Kecil (HY) 
Anda sedang membaca artikel tentang Mensinergikan Pelaku Usaha Kecil Dengan Sosial Media dan anda bisa menemukan artikel Mensinergikan Pelaku Usaha Kecil Dengan Sosial Media ini dengan url http://hy-hack.blogspot.com/2012/11/mensinergikan-pelaku-usaha-kecil-dengan.html,Dilarang menduplikat artikel ini Mensinergikan Pelaku Usaha Kecil Dengan Sosial Media jika sangat bermanfaat hanya boleh sebagai artikel refrensi atau harus mengulas nya dengan bahasa / kalimat yang berbeda dan memberi link ini : Mensinergikan Pelaku Usaha Kecil Dengan Sosial Media


Artikel Terkait:

Share this post :

Poskan Komentar

Blog Dofolow , Tapi Tolong jangan nyepam dan ada kata kata yang tidak baik

 
Support : Abaut Us | Contact Us | Privacy Policy | Term of Use | Redaksi | Advertise | Lowongan Kerja | Forum | Tabloit | Mobile Version | Hy Hack Toolbar
Copyright © 2011. HY hack - All Rights Reserved Template Created by Heykhend
Published by Heykhend Corp. Developed by PT Heykhend Publik Media (HPM)