,
Headlines News :
Home » , , » Cara Meng-instal dan Menggunakan Spybot

Cara Meng-instal dan Menggunakan Spybot

Written By Nanda Journey on Minggu, 07 Oktober 2012 | 20.00

Daftar isi laman ini:

2.0 Cara meng-instal Spybot

Langkah 1. Klik dua kali ; pada Open File - Security Warning dialog box akan muncul. jika sudah, klik untuk memunculkan layar berikut:

Gambar 1: Layar Select Setup Language
Langkah 2. Klik untuk mengaktifkan layar Setup - Spybot Password Safe – Welcome to the Spybot - Search & Destroy Setup Wizard.
Langkah 3. Klik untuk mengaktifkan layar License Agreement. Bacalah License Agreement sebelum meneruskan proses instalasi.
Langkah 4. Pilih pilihan I accept the agreement untuk menyalakan tombol Lanjut, lalu klik untuk mengaktifkan layar Pilih Folder Tujuan.
Langkah 5. Klik untuk mengaktifkan layar berikut ini:

Gambar 2: Layar Pilih Komponen
Langkah 6. Pilih komponen-komponen yang tersedia di layar Anda agar sama dengan yang ditunjukan pada Gambar 2 di atas,lalu klik untuk mengaktifkan Pilih Folder Start Menu
Langkah 7. Klik untuk menyetujui tujuan folder yang telah ditentukan dan mengaktifkan layar Pilih Task Tambahan.
Langkah 8. Klik untuk mengaktifkan layar Siap memulai instalasi, lalu klik untuk mengaktifkan layar Menginstal.
Langkah 9. Klik untuk menyelesaikan proses instalasi dan membuka Spybot - Search & Destroy.

2.1 Tentang Spybot

Ada dua langkah dasar dalam menggunakan Spybot dengan efektif:
  • Memperbarui Detection Rules dan Immunization databases dengan updates yang paling baru dan relevan dari Spybot.
  • Menjalankan Spybot. Tindakan ini melindungi sistem Anda dengan Detection rules dan Immunization databases atau update yang telah Anda unduh sebelumnya, kemudian memeriksa sistem Anda untuk mencari keberadaan spyware dan menghapus spyware tersebut.
Catatan: Untuk ulasan singkat dari pilihan key advanced, silahkan baca bagian 3.0 Tentang Mode Menengah.

2.2 Cara menggunakan Spybot untuk pertama kali

Setelah Anda menyelesaikan instalasi dan proses pengaturan, Spybot akan menyala dengan sendirinya dan menunjukkan layar Barang Resmi seperti dibawah:

Gambar 3: Layar Barang Resmi
Note: Untuk menjalankan Spybot di lain waktu, klik dua kali atau pilih Start > All Programs > Spybot - Search & Destroy > Spybot - Search & Destroy.
Langkah 1. Klik untuk mengaktifkan layar Spybot - Search & Destroy (Gambar 8) dan juga Buat backup registry seperti berikut:

Gambar 4: Layar Spybot-S&D Wizard - Buat backup registry
Catatan: Anda sangat dianjurkan untuk membuat backup dari pendaftaran yang dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Windows Registry, silahkan melihat di CCleaner.
Langkah 2. Klik pada Gambar 4 untuk menyimpan salinan pendaftaran sistem anda.
Langkah 3. Klik untuk mengaktifkan layar Spybot - Mencari update-update. Apabila Anda terhubung dengan internet, silahkan lakukan langkah berikut:
Langkah 4. Klik untuk mengaktifkan layar Mencari update-update, kemudian lanjutkan langsung denan bagian 2.3 Cara meng-update Spybot Detection Rules dan Immunization Databases.
  • Apabila Anda tidak terhubung dengan Internet, lakukan langkah berikut:
Langkah 5. Klik untuk mengaktifkan jendela Pengebalan sistem, dan memulai pengebalan sistem Anda:

Gambar 5: Status bar proses pengebalan
Catatan: Apabila Anda meninggalkan browser Anda menyala, layar di bawah ini akan muncul sebelum proses imunisasi:

Gambar 6: Layar Open Browser Detected
Langkah 6. Tutup semua browser lalu klik untuk memulai pengebalan.
Langkah 7. Klik lalu klik untuk kembali ke konsol Spybot - Search & Destroy dengan mode Pengebalan.

Gambar 8: Konsol Spybot - Search & Destroy

2.3 Cara meng-update the Spybot Detection Rules and Immunization Databases

Penting: Sangatlah penting bagi Anda untuk selalu mengupdate Spybot dengan definisi-definisi terbaru.
Langkah 1. Klik di sebelah kiri menu sidebar Spybot-S&D untuk mengaktifkan jendela Spybot-S&D Updater yang menunjukkan daftar dari halaman website untuk mengunduh updates.
Langkah 2. Pilih lokasi yang paling dekat dengan negara Anda,lalu klik kanan di lokasi tersebut, dan pilih Set this server as the preferred download location seperti yang terlihat pada Gambar 9.
  • Apabila Anda baru-baru ini meng-update Detection rules, layar pop-up akan muncul untuk memberitahu Anda bahwa No newer updates are available / tidak tersedia updates yang lebih baru.
  • Apabila Anda sudah lama tidak meng-update Detection rules, layar Spybot-S&D Updater akan muncul dan memberitahu beberapa server yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh update seperti berikut:

Gambar 9: Jendela Spybot-S&D Updater
Langkah 3. Klik untuk mengaktifkan jendela Spybot-S&D Updater - Please select the updates to download here.
Langkah 4. Pilih semua pilihan yang ada, lalu klik untuk mulai mengunduh update-update tersebut.

Gambar 10: Layar Spybot-S&D Updater menunjukkan Detection rules, Help files, and Immunization databases
Catatan: apabila terdapat kesalahan dalam proses pengunduhan, Spybot akan meminta persetujuan Anda untuk mengulang kembali proses pengunduhan. Setelah pengunduhan berhasil, Anda akan diminta untuk mengimunisasi sistem anda dan memeriksa apakah ada masalah, seperti gambar berikut:

Gambar 11: Layar Information
Langkah 6. Klik , lalu klik .
Anda akan kembali ke layar utama Spybot - Search & Destroy
Catatan: Anda bisa menjalankan proses Spybot update kapan saja: Pilih Start > All Programs > Spybot - Search&Destroy > Update Spybot -S&D.

2.4 Cara memberi kekebalan pada sistem Anda

Spybot membantu melindungi komputer Anda dari spyware dengan cara "mengimunisasi" sistem. Proses ini seperti memperoleh vaksinasi untuk melawan penyakit baru yang menular.
Untuk mengimunisasi sistem komputer, ikuti langkah berikut:
Langkah 1. Klik di Spybot-S&D sidebar atau untuk memulai secara otomatis proses pengebalan seperti yang ditunjukkan Gambar 6 diatas.
Anda mungkin perlu memaksimalkan window Anda untuk melihat semua jenis proteksi yang bisa digunakan di jendela Pengebalan.
Catatan: Anda dapat kembali atau membatalkan semua proses imunisasi apabila Anda mencurigai sistem di seluruh komputer Anda terpengaruh secara negatif akibat proses pengebalan. Anda dapat klik untuk mengembalikan sistem Anda seperti sebelum proses pengebalan.

2.5 Cara memeriksa masalah

Peringatan: Sebelum mencari potensi ancaman, silakan update Spybot Detection rules dan Immunization databases.
Untuk memeriksa akan adanya masalah atau ancaman, ikuti langkah berikut:
Langkah 1. Klik untuk mengaktifkan jendela Spybot Cari_Hancurkan.
Langkah 2. Klik untuk memulai pencarian ancaman di dalam sistem Anda (proses dapat memakan waktu 20 menit sampai 1 jam apabila Anda mempunyai data, file, program yang banyak). Layar Spybot akan muncul seketika seperti dibawah ini:

Gambar 12: Program Spybot- Search & Destroy memeriksa masalah
Langkah 3. Klik untuk memulai mencari masalah dengan sistem Anda seperti berikut:

Gambar 13: Program Spybot- Search & Destroy memeriksa masalah
Setelah pencarian selesai, jumlah dan jenis masalah akan diperlihatkan seperti jendela di bawah:

Gambar 14: Layar Spybot – Search & Destroy menunjukkan masalah dan ancaman.
Langkah 4. Pilih item yang ingin Anda hapus. Beberapa item mungkin adalah software marketing yang ingin Anda simpan (untuk alasan apa saja).
Tip: Item yang ditunjukkan dengan huruf warna merah dikategorikan sebagai masalah atau ancaman. Item yang ditunjukkan dengan huruf hijau adalah rekaman pemakaian Internet Anda. Untuk menyimpan item, silahkan menghapus centang dari box item tersebut.
Penting: sebelum Anda menghapus atau mengabaikan malware yang Anda temukan, Anda sangat dianjurkan untuk melihat setiap asal usul item dan aktifitas item tersebut.
Langkah 5. Klik di sebelah kanan dari window hasil Spybot untuk membuka lebih banyak informasi tentang item. Apabila tidak ada informasi, Anda dapat melakukan riset di Internet. Cari tahu bagaimana item beroperasi dan potensi ancaman apa yang dapat ia lakukan kepada sistem Anda. Pengetahuan dan informasi yang lebih luas dapat memberikan Anda privasi dan keamanan yang lebih baik.

Gambar 15: Panel informasi Spybot-S&D
Langkah 6. Klik untuk mengaktifkan penghapusan malware.
Sebuah box dialog konfirmasi akan muncul dan menanyakan apabila Anda ingi menghapus semua masalah yang ditemukan.
Langkah 7. Klik tombol Yes jika Anda ingin menghapus semua item.
Catatan: Anda dianjurkan untuk melakukan pencarian masalah setiap minggu dalam sistem Anda.

2.6 Resident TeaTimer

Resident TeaTimer adalah Spybot yang selalu berjalan di belakang (walaupun Anda tidak sedang menggunakan Spybot). Program ini selalu mengawasi proses sistem yang penting guna memastikan bahwa ancaman-ancaman tidak merubah sistem konfigurasi yang penting maupun pengaturan. TeaTimer memperingatkan penggunanya ketika ia mendeteksi proses yang mencurigakan dan meminta konfirmasi Anda untuk Allow /mengijinkan atau Deny/menolak proses tersebut (apabila terbukti bahwa proses ini berbahaya). Contoh dari layar pop-up yang muncul:

Gambar 16: Layar peringatan Spybot – Search & Destroy Resident Teatimer, memberi pilihan Allow/Deny
Karena banyaknya program (baik yang diperlukan maupun berbahaya) memerlukan akses untuk masuk ke dalam proses internal sebuah sistem, TeaTimer akan terus meminta konfirmasi Anda untuk Allow /mengijinkan atau Deny/menolak perubahan. Contohnya, Skype sedang dalam proses penghapusan dari menu Windows Start. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda mempunyai program yang tidak terpasang dengan benar (ini tidak melulu akan muncul ketika waktu startup saja). Dalam hal ini, ini merupakan pertanyaan untuk merubah sedikit pengaturan sistem dan Anda dapat memberikan izin perubahan.
Tip: Apabila Anda tidak yakin tentang apa yang ditanyakan jendela TeaTimer, klik untuk informasi lebih lanjut seperti ini:

Gambar 17: Layar Spybot – Search & Destroy Startup
Jika Anda tidak yakin dengan efek dari program tersebut, sebaiknya Anda menolak untuk melanjutkan. Namun, apabila ada yakin bahwa program ini valid, silahkan pilih kotak Remember this decision dan Spybot tidak akan memperingatkan anda lagi.
Catatan: Anda akan sering melihat TeaTimer diaktifkan ketika Anda memasang program baru dan program itu mencoba untuk ikut dalam proses startup. Hal yang sama akan terjadi apabila Anda meng-uninstal sebuah program.
Tip: Sangat direkomendasikan bahwa anda mengupdate TeaTimer kapan saja update tersedia.

2.7 Cara menggunakan alat Penyelamatan

Alat Penyelamatan memungkinkan Anda untuk mendapatkan kembali item yang telah dihapus maupun diperbaiki. Ini bisa terjadi karena Spybot akan menciptakan salinan untuk sebuah item yang telah ia hapus. Apabila penghapusan malware merusak sistem kerja komputer Anda, malware tersebut dapat didapatkan kembali dengan menggunakan alat Penyelamatan
Untuk mendapatkan kembali item yang terhapus, silahkan lakukan langkah berikut:
Langkah 1. Klik untuk mengaktifkan layar Penyelamatan seperti berikut:

Gambar 18: Layar Penyelamatan Spybot-Search & Destroy
Langkah 2. Pilih item yang ingin Anda dapatkan kembali dari daftar item yang telah dihapus, lalu klik .
Dialog box konfirmasi akan muncul seperti ini:

Gambar 19: Dialog box konfirmasi
Langkah 3. Klik untuk mendapatkan kembali item-item.
Langkah 4. Alternatif lainnya, klik untuk membuang semua file yang telah dipilih secara permanen. Akan tetapi, perlu diingat bahwa item yang telah dibuang secara permanen tidak bisa didapatkan kembali.
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Meng-instal dan Menggunakan Spybot dan anda bisa menemukan artikel Cara Meng-instal dan Menggunakan Spybot ini dengan url http://hy-hack.blogspot.com/2012/10/cara-meng-instal-dan-menggunakan-spybot.html,Dilarang menduplikat artikel ini Cara Meng-instal dan Menggunakan Spybot jika sangat bermanfaat hanya boleh sebagai artikel refrensi atau harus mengulas nya dengan bahasa / kalimat yang berbeda dan memberi link ini : Cara Meng-instal dan Menggunakan Spybot


Artikel Terkait:

Share this post :

Poskan Komentar

Blog Dofolow , Tapi Tolong jangan nyepam dan ada kata kata yang tidak baik

 
Support : Abaut Us | Contact Us | Privacy Policy | Term of Use | Redaksi | Advertise | Lowongan Kerja | Forum | Tabloit | Mobile Version | Hy Hack Toolbar
Copyright © 2011. HY hack - All Rights Reserved Template Created by Heykhend
Published by Heykhend Corp. Developed by PT Heykhend Publik Media (HPM)