,
Headlines News :
Home » , , » Stok Darah menipis , Harga darah di Sumut Naik

Stok Darah menipis , Harga darah di Sumut Naik

Written By Nanda Journey on Kamis, 08 November 2012 | 18.52

Stok Darah menipis, PMI Sumut bersedia membeli darah hingga Rp300 Ribu bagi siapapun mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan

MEDAN - Biaya setiap kantong darah golongan apa pun yang disediakan Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara serta bank darah di rumah sakit, maksimal Rp300 ribu.

Jumlah tersebut merupakan biaya pengelolaan darah di PMI serta distribusi ke instalasi bank darah di rumah sakit.


Ketua PMI Sumut, Rahmad Shah, menjelaskan, PMI telah memperhitungkan secara komprehensif seluruh biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan darah, termasuk keuntungan rumah sakit yang berorientasi bisnis.

Oleh karena itu, rumah sakit dilarang menetapkan harga darah kepada masyarakat melebihi ketentuan tersebut.

“Biaya pengelolaan darah saat ini Rp250 ribu. Itu biaya kantong dan pengecekan darah sebelum disalurkan ke masyarakat. Untuk bank darah, kami berikan harga khusus Rp225 ribu mengingat mereka juga mengeluarkan biaya untuk pendistribusian. Mengingat kondisi yang berbeda-beda di setiap daerah, kita perbolehkan mereka menaikkan tarif hingga 20 persen,” jelas Rahmad kepada kami, Kamis (8/11/2012).

Rahmad yang juga anggota DPD RI asal Sumut itu menambahkan, sejauh ini rumah sakit di Medan dan daerah lain di Sumatera Utara mematuhi ketentuan PMI tersebut.

Kalaupun ada pelanggaran, PMI tak memiliki instrumen hukum dan kewenangan untuk melakukan penindakan pada rumah sakit yang menjual darah di atas ketentuan. Apalagi, PMI masih sangat tergantung dengan rumah sakit untuk pendistribusian darah.

Di Sumut, lanjut dia, kecukupan darah masih sangat kurang. Kebutuhan darah mencapai 3.000 kantong per bulan, namun rata-rata pemenuhan kebutuhan hanya sekira 30 persen saja.

Untuk mengatasi hal itu, PMI Sumut bekerja sama dengan sejumlah institusi melakukan kegiatan donor darah rutin.

“Kami sudah punya MoU dengan Bank Indonesia, lima universitas di Medan, dan perusahaan swasta, hingga perkumpulan keagamaan. Mudah-mudahan ke depan berjalan lancar sehingga kebutuhan darah bisa terpenuhi,” tutupnya.
Anda sedang membaca artikel tentang Stok Darah menipis , Harga darah di Sumut Naik dan anda bisa menemukan artikel Stok Darah menipis , Harga darah di Sumut Naik ini dengan url http://hy-hack.blogspot.com/2012/11/stok-darah-menipis-harga-darah-di-sumut.html,Dilarang menduplikat artikel ini Stok Darah menipis , Harga darah di Sumut Naik jika sangat bermanfaat hanya boleh sebagai artikel refrensi atau harus mengulas nya dengan bahasa / kalimat yang berbeda dan memberi link ini : Stok Darah menipis , Harga darah di Sumut Naik


Artikel Terkait:

Share this post :

Poskan Komentar

Blog Dofolow , Tapi Tolong jangan nyepam dan ada kata kata yang tidak baik

 
Support : Abaut Us | Contact Us | Privacy Policy | Term of Use | Redaksi | Advertise | Lowongan Kerja | Forum | Tabloit | Mobile Version | Hy Hack Toolbar
Copyright © 2011. HY hack - All Rights Reserved Template Created by Heykhend
Published by Heykhend Corp. Developed by PT Heykhend Publik Media (HPM)