,
Headlines News :
Home » , » Apa Itu Bahasa Pemrograman Delphi

Apa Itu Bahasa Pemrograman Delphi

Written By Nanda Journey on Minggu, 04 November 2012 | 10.07

http://1.bp.blogspot.com/-vxjxxFuO6-o/UISn_7d6EmI/AAAAAAAAAQQ/XGvS1D5hWQM/s1600/delphi7.jpg
 Apa Itu Bahasa Pemrograman Delphi ? : Dalam dunia pemrograman pastilah tidak asing lagi dengan Bahasa Pemrograman Delphi ini , Sebual Bahasa pemrograman turunan bahasa pemrograman Pascal ini sangat  yaman untuk dijalankan

Dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP) , Delfi digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi - aplikasi untuk Microsoft Windows walaupun sekarang juga reliable untuk  Linux dan Microsoft .NET framework .

Biasanya Bahasa Pemrograman Delphi itu digunakan untuk membuat aplikasi aplikasi desktop yang berbasis Database . Tetapi setelah Bahas Pemrograman Delphi juga telah Reliable dengan Linux Delphi juga bisa digunakan untuk pembuatan Aplikasi tool tool lainya

Ada Beberapa Keunggulan dari Bahas Pemrograman Delphi

  1. Komponen dapat digunakan berulangkali dan dapat dikembangkan .
    Delphi mempermudah pembuatan program bagi aplikasi aplikasi windows exemple : label, button dan bahkan dialog dan lainnya. Komponen ini dapat diatur sesuai dengan kebutuhan kita si pembuat program.
  2.  Dapat mengakses VBX.
    Dengan Delphi kita dapat langsung mengakses komponen VBX yang sudah merupakan satu kesatuan dan dapat langsung digunakan .
  3. Template Aplikasi dan template Form.
    Dalam Delphi telah didefinisikan template aplikasi dan template Form yang dapat dipakai untuk membuat semua form aplikasi dengan lebih cepat.
  4. Lingkungan pengembang Delphi.
    Lingkungan yang disedia pada Delphi sangat mudah untuk digunakan dalam pengembangan aplikasi yang produktif.
  5. Program terkompilasi.
    Kebanyakan lingkungan pengembang visual pada windows menyatakan dapat mengkompilasi program. Namun sebenarnya mereka hanya dapat mengkompilasi sebagian program dan kemudian mengabungkan interpreter dan pcode dalam sebuah file. Dengan cara ini akan menghasilkan aplikasi dengan eksekusi yang lambat. Namun dengan pemrograman delphi output yang dihasilkannya merupakan file yang benar-benar terkompilasi tanpa interpreter dan pcode sehinga dapat berjalan lebih cepat. Program Delphi yang kecil dapat diserahkan dalam bentuk sebuah file EXE tanpa harus menyertakan file DLL.
  6. Kemampuan mengakses data dalam bermacam format.
    Dalam Delphi terdapat BDE ( Borland Database Engine) yang digunakan untuk mengakses format file data yang ada. BDE telah melalui beberapa tahap pengembangan, yang sebelumnyaBDE dikenal dengan ODAPI , kemudian IDAPI. Sekarang BDE sudah menjadi standar untuk akses semua jenis data yang ada saat ini. BDE juga dapat mengakses Database Client / Server seperti Sybase, SQL Server, Oracle dan Borland Interbase. Bila dibandingkan dengan microsoft ODBC , BDE lebih unggul dalam hal unjuk kerjannya, hal ini karena BDE memiliki bentuk yang lebih mendekati format database tujuannya.

     
  7. Memili Komunitas pengguna yang sangat besar dibagian  Usenet Atupun  web [3]
  8. Banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging)Optimasi kompiler yang cukup cepat
    Mendukung multiple platform dari source code yang sama
  9. Delphi sekarang dapat berjalan dibanyak platform seperti windows, linux, android dan IOS.

Kerugian

  1. Partial single vendor lock-in (Pihak Borland mempunyai hak dalam penentuan dapat menentukan sendiri standar bahasa dan dalam penenuan nya sering berubah berubah sesuai pengembangan mereka ,jadi kompetiblelitas yang harus mengikutinya)
  2. Akses pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal
  3. Dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses COM dan Win32)
Anda sedang membaca artikel tentang Apa Itu Bahasa Pemrograman Delphi dan anda bisa menemukan artikel Apa Itu Bahasa Pemrograman Delphi ini dengan url http://hy-hack.blogspot.com/2012/11/apa-itu-bahasa-pemrograman-delphi.html,Dilarang menduplikat artikel ini Apa Itu Bahasa Pemrograman Delphi jika sangat bermanfaat hanya boleh sebagai artikel refrensi atau harus mengulas nya dengan bahasa / kalimat yang berbeda dan memberi link ini : Apa Itu Bahasa Pemrograman Delphi


Artikel Terkait:

Share this post :

Poskan Komentar

Blog Dofolow , Tapi Tolong jangan nyepam dan ada kata kata yang tidak baik

 
Support : Abaut Us | Contact Us | Privacy Policy | Term of Use | Redaksi | Advertise | Lowongan Kerja | Forum | Tabloit | Mobile Version | Hy Hack Toolbar
Copyright © 2011. HY hack - All Rights Reserved Template Created by Heykhend
Published by Heykhend Corp. Developed by PT Heykhend Publik Media (HPM)