,
Headlines News :
Home » , » mengenal lebih jauh Silverlight

mengenal lebih jauh Silverlight

Written By Unknown on Senin, 26 Desember 2011 | 19.28

Silverlight adalah sebuah kreasi dari Microsoft yang mampu berjalan pada beberapa browser (tidak terbatas pada internet explorer), sebuah cross-platform plug-in yang memungkinkan Anda untuk menciptakan Aplikasi Internet yang kaya atau RIA (Rich Internet Application) untuk Web.
Dimulai dengan melihat memberikan gambaran umum tentang Silverlight. Anda akan belajar bagaimana Silverlight sangat cocok untuk menjadi solusi Rich Internet Application (RIA), apa benefitnya bagi para developer, dan tools  yang digunakan dalam pengembangan Aplikasi Internet.
Oke, sebelumnya mungkin ada yang bingung, apa sih RIA atau Rich Internet Application itu? mari kita bahas tentang RIA
“Rich Internet Application  (RIA) adalah Aplikasi Web yang memiliki karakteristik seperti aplikasi desktop”
Diagram Rich Internet Application (RIA)Diagram Rich Internet Application (RIA)
Contohnya: anda bermain game Farmville pada situs facebook, nah game farmville pada situs facebook itu termasuk pada sebuah Rich Internet Application berbasis Flash.
contoh Rich Application Internet
Pada zaman sebelum konsep RIA banyak di perkenalkan (sebelum 2002), game-game cantik seperti Farmville, hanya bisa di Install pada komputer terlebih dahulu, baru bisa di mainkan :) . Nah, pada saat ini anda hanya butuh Internet Browser dan Runtime yang dibutuhkan untuk memainkannya tanpa perlu menginstallnya pada komputer anda, itulah kehebatan Rich Internet Application.

Solusi Rich Internet Application

Konsep RIA telah ada selama beberapa waktu, tetapi istilah RIA pertama kali digunakan pada tahun 2002 dalam sebuah White Paper yang dikeluarkan oleh Macromedia.  Sebelum itu, istilah remote scripting dan X Internet digunakan untuk menggambarkan konsep tersebut.
Beberapata Teknologi Solusi RIA
Beberapa Teknologi Solusi RIA
Saat ini, terdapat banyak solusi  berbeda yang sesuai dengan deskripsi RIA, tapi ada satu yang konsisten: semua solusi RIA melibatkan runtime yang berjalan pada mesin klien dan arsitektural  berada di antara pengguna dan server tersebut (contoh lagi, sebelum anda bermain farmville, anda diharuskan menginstall plugin adobe flash player, adobe flash player ini adalah runtime yang dimaksud)
Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi yang paling umum digunakan di RIA adalah Flash.
Ketika Flash diperkenalkan, pengguna web diperkenalkan kepada sebuah experience yang belum pernah ada sebelumnya, mereka dapat menambahkan aplikasi interaktif di dalam web yang mereka bangun. Namun, karena kurangnya tools yang memungkinkan pengembang Microsoft NET untuk mengintegrasikan Flash ke dalam aplikasi mereka, bagi para pengembang,  Flash pada saat itu  hanya tampak seperti alat untuk menambahkan beberapa efek cantik ke halaman web, tapi tidak fungsional.
Lalu sesuatu yang ajaib terjadi ketika Macromedia dibeli oleh Adobe. secara  tiba-tiba, Flash berbaur dengan beberapa development tools yang ditawarkan oleh Adobe. ini menjadikan Flash menjadi lebih kaya fungsi.
Tools dari AdobeTools dari Adobe
Microsoft membalas dengan mengumumkan  Silverlight, sebelumnya dikenal sebagai Windows Presentation Foundation, dan Silverlight  adalah teknologi yang banyak ditunggu oleh pengembang .NET
Apa sebenarnya Silverlight? Dan, apa dampak Silverlight sebenarnya pada kita sebagai pengembang .NET ? mari kita bahas di post blog berikutnya :)
PS. untuk dapat melihat showcase dari Rich Internet Application berbasis Silverlight, anda dapat melihatnya disini


 thanks
by : heykhend
Anda sedang membaca artikel tentang mengenal lebih jauh Silverlight dan anda bisa menemukan artikel mengenal lebih jauh Silverlight ini dengan url http://hy-hack.blogspot.com/2011/12/mengenal-lebih-jauh-silverlight.html,Dilarang menduplikat artikel ini mengenal lebih jauh Silverlight jika sangat bermanfaat hanya boleh sebagai artikel refrensi atau harus mengulas nya dengan bahasa / kalimat yang berbeda dan memberi link ini : mengenal lebih jauh Silverlight


Artikel Terkait:

Share this post :

Posting Komentar

Blog Dofolow , Tapi Tolong jangan nyepam dan ada kata kata yang tidak baik

 
Support : Abaut Us | Contact Us | Privacy Policy | Term of Use | Redaksi | Advertise | Lowongan Kerja | Forum | Tabloit | Mobile Version | Hy Hack Toolbar
Copyright © 2011. HY hack - All Rights Reserved Template Created by Heykhend
Published by Heykhend Corp. Developed by PT Heykhend Publik Media (HPM)